Tuesday, June 14, 2011

Mentawai, Testimoni Seorang Volunteer

minggu lalu kawan dari surabaya datang, tujuannya hanya ngopi iseng2 saja, obrolan ngopi berlanjut jadi ngobrolin video. ada salah satu account di vimeo yang menjadi idola saya saat ini, dia orang indonesia dan saat ini dia adalah fotografer kawakan di media harian Kompas, namanya Eddy Hasby.
saya dengar dari kawan saya kalau semua kru kompas saat ini dibekali dengan dasar-dasar video, tujuannya informasi yang di dapat dilapangan tidak hanya berupa foto melainkan juga video, nah konon pak eddy inilah koordinator acara pelatihan ini.

saya jadi memikirkan sesuatu, dulu sekitar tahun 2005, tidak banyak orang yang memiliki camcorder berupa handycam. pertengahan 2008, keadaan berubah dan banyak anak muda ketika itu punya tentengan handycam, banyak karya yang bermunculan, mulai dari video narsis, video klip, dokumenter sampai fiksi, memiliki camcorder bukan kebanggaan lagi, yang bisa dipamerkan saat itu, tetap mereka yang menang di festival dan banyak diapresiasi adalah karya yang memiliki konten bagus (walaupaun cuma sekelas handycam saat itu).

saat ini, tentengannya anak muda lebih keren lg, HD DSLR, highdefinition dengan bokehnya luar biasa, blur kanan blur kiri dan warna warni memenuhi layar. ketika awalnya muncul HD di malang, isisnya full narsis, setidaknya bisa menjadi trend gw anak muda geol yang tentengannya ngeri. tapi menurut saya cerita akan terulang kambali, ketika semua orang sudah mampu membuat video HD, tetap yang membedakan antara satu video dan yang lain adalah kontennya, blur kanan kiri saja hanya akan menjadi penghias membosankan jika tidak memiliki konten memadai. mari membuat video yang berkualitas baik dengan konten yang layak (wlpn saya belum bikin karya yang semacam itu hahah). yah ini hanya sekedar share saja ko.

mengenai kawan saya tadi yang datang ke malang dari surabaya, menceritakan kalau dia baru saja balik dari mentawai yang menjadi volunteer bencana tsunami disana, ada beberapa footage video yang dia ambil ketika disana (walaupun belum HD). saya tertarik untuk ngeditkan video itu, yah editan seadanya saja, rencanya video itu akan digunakan sebagai bentuk laporan pertanggung jawaban ke teman2nya ketika dia berangkat kesana. saya harap video ini bermanfaat. terimakasih. oia kawan saya itu namanya Lukman Si Mbah.

No comments:

Post a Comment