Friday, October 22, 2010

Bantengan, ada di kota Batu

beberapa tahun lalu saya pernah diberi tugas oleh dosen saya untuk membuat blog, beliau adalah salah satu wartawan senior yang yang benar-benar menanamkan teknologi jangan sampai telat, masa blog aja ga ngerti apaan. selang beberapa tahun barulah saya membuat blog (telat banget deh!)> salam untuk pak dody :)

konon pada jaman dulu ada seekor singa melawan banteng, pertarungan mereka pada saat itu menggegerkan suasanan desa, hingga akhirnya muncullah perayaan bantengan. didalamnya berisi karnaval, berbusana macan dan banteng. uniknya adalah, permainan ini akan makin bagus jika kesurupan (kemasukan roh dll), itu menurut orang-orang sekitar.

kalau di telusuri, bantengan ini lahir dari pencak silat, ada beberapa jenis pencak silat dan banyak gaya dalam pencak silat. termasuk bantengan ini adalah salah satu bagian dari pencak silat. entah mengapa bantengan ini yang justru ramai menjadi perhatian.

kota batu adalah salah satu kota yang perhatian dengan hal ini, dengan tema sebagai kota wisata, budaya unik ini tetap di pertahankan dan didukung. kalau tidak salah setiap tahunnya terus diadakan perayaan bantengan diramaikan dengan kompetisi berhadiah didalamnya.

berikut video tentang bantengan, sebenarnya video ini untuk mengikuti lomba pada saat itu. berawal dari iseng ya akhirnya kami coba ikut. kami bertiga (Rino, Cindy dan saya) akhirnya memulai perjalanan kebatu, yang untuk pertama kalinya trio ini berjalan bersama wkwkw. oia kami tidak menang festival, hanya saja dari pada video ini hanya jadi barang pusaka yang terus disimpan dilemari juga akhirnya bakal membosankan. maka dari itu saya berinisiatif menaruhnya di blog ini. berharap video ini dapat bermanfaat. hehehe

sisilain tradisi bantengan( the other side of bantengan) from derielfiyan on Vimeo.

No comments:

Post a Comment