Wednesday, June 30, 2010

participatory rulal appraisal, video melelahkan.

Participatory Rural Appraisal (PRA), adalah sebuah konsep atau proses dalam penyelesaian sebuah masalah disebuah daerah, konsepnya adalah dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat untuk memberikan pendapat mengenai common problem yang mereka alami, seperti kemiskinan, susah akses ekonomi, lingkungan atau lainnya. tujuannya untuk dapat melihat sebuah permasalah dengan lebih kompleks dan melibatkan langsung para pelaku kegiatan didalamnya.

seperti biasa, ini adalah tugasnya temenku, mereka bermaksud membuat dokumentasi dari kegiatan PRA-nya di daerah Tambak Lekok. menurutku niatan mereka bagus dengan konsep wawancara, hanya saja... kebanyakan kaset! bayangin aja ada delapan kaset mini DV yg harus di capture kemudian diedit menjadi sebuah sajian informasi penting, padat, dan  tepat sasaran.

akhirnya dengan proses yang cukup melelahkan dan membosankan (karena harus review delapan kaset), vidionya jadi hanya berdurasi dua menit! temenku ini ga terima, masa delapan kaset jadinya dua menit doank? lha terus mo gimana lg, isinya kebanyakan hal-hal kurang penting, lagian kalo di masukin semua vidionya jadi malah ga fokus dan malah cenderung seperti dokumentasi pribadi, alias narsis.wkwkwkw

well, setelah vidio kita tonton bersama di depan dosen, komentarnya "sip!, jelas, padat, dan kena.". hehe lumayan lah, setidaknya kerja keras tidak berujung sia-sia.

tp setelah kupikir-pikir editanku ini paling ga banget! alias, trial dan super error ;p. nah kalo penasaran vidionya macam apa, berikut vidioya:

No comments:

Post a Comment